Mahasiswa KKN Bantu Posyandu Lakukan Imunisasi Difteri

  • By lpm
  • In LPM News
  • Posted 03 Agustus 2018

UNAIR News – Kuliah Kerja Nyata (KKN) kembali digelar oleh Universitas Airlangga sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pengabdian masyarakat. Salah satu program kerja yang rutin dilaksanakan oleh hampir tiap kelompok adalah bidang kesehatan.

Kesehatan adalah bagian yang penting bagi tiap individu baik balita maupun orang tua. Sebagai mahasiswa yang sedang menempuh Kuliah Kerja Nyata (KKN), tanggap terhadap suatu persoalan merupakan sesuatu yang dibutuhkan. Saat ini, imunisasi difteri menjadi salah satu vaksinasi yang wajib diberikan kepada balita.

Mahasiswa KKN BBM ke-58 Universitas Airlangga Kecamatan Gubeng kelompok UMKM J berinisiatif membantu penyelenggaraan imunisasi difteri di sekitar RT. 07 RW. 03, Kelurahan Airlangga, yang sebelumnya telah memiliki agenda untuk melakukan imunisasi. Dalam merespon hal ini, para mahasiswa ingin berperan aktif dalam kegiatan yang khusus ditujukan untuk balita tersebut.

“Membantu posyandu merupakan inisiatif dari kelompok kami sekaligus permintaan ibu-ibu PKK RT. 07 RW. 03, Kelurahan Airlangga, Kecamatan Gubeng. Karena dengan bantuan tersebut dapat meringankan kinerja baik dari petugas kesehatan maupun ibu-ibu PKK. Mengingat balita kadang masih susah diatur sehingga harus kita hibur dulu sebelum disuntik agar tenang,” ujar Ainaul M salah satu anggota kelompok.

Imunisasi difteri sebagai bentu tindakan preventif untuk melindungi sistem kekebalan balita tersebut dilaksanakan pada pertengahan Juli di salah satu rumah warga RT. 07 RW. 03. Tidak kurang dari 56 balita telah diimunisasi difteri. Meski imunisasi dilakukan oleh tim dari posyandu. Namun, para mahasiswa juga membantu dalam hal melakukan pengecekkan berat badan, tinggi badan, dan secara teknis lainnya.

Dengan berpartisipasi dalam kegiatan imunisasi kali ini, para mahasiswa berharap agar balita di sekitar kelurahan airlangga sehat karena mencegah penyakit difteri lebih mudah daripada mengobatinya.

“Harapan kami adalah para orang tua yang memiliki balita lebih peduli dan waspada terkait wabah difteri ini dengan rutin mengikuti imunisasi yang diselenggarakan oleh posyandu setempat. Mengingat ini juga demi kebaikan. Karena yang namanya wabah tidak dapat diprediksi,” imbuh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut.

 

Sumber: http://news.unair.ac.id/2018/07/26/mahasiswa-kkn-bantu-posyandu-lakukan-imunisasi-difteri/

Tags :
Hits 141